Search for content, post, videos

“Google Adsense” : Pengertian, Manfaat Serta Cara Kerja

Ini merupakan sebuah layanan program jasa periklanan yang di kelola oleh google. Program ini biasanya bagian dari blog. Sebenarnya masih banyak yang harus kita pelajari mengenai google. Karena google bukan hanya sekedar mesin pencari, namun masih banyak juga yang bisa dipelajari dalam aplikasi ini. Seperti Blogsopot, ini termasuk salah satu contoh yang mungkin sudah banyak orang gunakan.

Anda juga pasti menggunakan Gmail, yang anda gunakan untuk berbagai hal seperti dokumen-dokumen atau file. Namun ini berbeda dengan Google Adsense, hal ini mengandung sebuah konten mengenai periklanan. Dimana anda di haruskan untuk mendukung layanan iklan dengan akun yang sudah terdaftar. Untuk mengetahui lebih dalam lagi menganai Google Adsense ini, nah, ikutin terus ulasan di bawah ini.

Pengertian Google AdSense

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Untuk mendukung penyedia layanan iklan adSense, Google memanfaatkan teknologi pencarian yang sangat canggih.

Google AdSense atau disingkat (GA) adalah program affiliasi dari Google untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online, dengan cara menaruh iklan-iklan dari Google di website/blog anda. Ini dibutuhkan untuk mendukung iklan yang di tampilkan di blog atau web anda berdasarkan tema kata kunci serta lokasi dari target georgrafis pengunjung dan dari faktor lain.

Google AdSense adalah salah satu model bisnis online yang paling umum dan paling terkenal dikalangan para pebisnis online di dunia. Dengan kata lain, pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan (fulus) dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Penghasilan tersebut dihitung dari pembagian keuntungan untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung Blog dan Vlog yang biasanya dikenal dengan istilah PPC ( Pay Per Klik). Google memiliki dua jaringan perikalan, pertama adalah AdWords. AdWords adalah program pemasangan iklan dimana pemasang iklan memasang iklan pada Google, iklan tersebut akan tampil pada search engine Google dan juga pada jaringan periklanan Google yaitu AdSense.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Iklan yang tampil pada blog pemasang iklan GA otomatis menyesuaikan dengan kategori ataupun tema dari blog tersebut, untuk itu boleh dibilang iklan yang akan anda tampilakan tidak bisa anda pilih topik ataupun kategorinya.

Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut. Kunjungan sebuah blog akan sangat berpengaruh pada jumlah artikel yang selalu terupdate, dan tentu saja memperhatikan kaidah SEO agar mudah diketemukan oleh search engine Google.

Manfaat Google AdSense

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, dimana Google AdSense ini termasuk salah satu aplikasi yang bekerja untuk memperoleh keuntungan dengan cara membuat iklan dan akan di bayar berdasarkan jumlah klik yang di dapat. Google AdSense merupakan sebuah wadah periklanan yang disediakan oleh Google sehingga pada pemilik situs Blog dapat menghasilkan uang dari artikel, video dan juga aplikasi mereka.

Bagi anda yang ingin beriklan dan mengiklankan produk anda di Google AdSense anda dapat mendaftar dalam program Google AdWords. Google AdSense bermanfaat untuk mendapatkan uang di setiap klik yang anda peroleh. Tetapi, anda tidak boleh memilih iklan yang akan ditampilkan. Google ini menggunakan sistem lelang sehingga mampu membayar dengan harga yang paling tinggi untuk dapat ditampilkan di tempat iklan anda.

Bagi para pemilik website/blog dengan menggunakan Google AdSense adalah mampu berpenghasilan tiap bulannya hanya dengan Pay Per Click. Ini juga sebagai bukti bahwa banyak pembisnis online yang sukses berkat bantuan dari Google AdSense. Selain itu anda juga tidak dipungut biaya apapun ketika menampilkan iklan. Penghasilannya juga akan berbeda antara satu website dengan website lainnya.

Jelas tidak akan sama karena jumlah click dari pengunjung pun pastinya berbeda. Kebijakan google adSense juga sangat dinamis. Jadi bagi anda yang ingin menampilkan google adSense di laman anda sebaiknya membaca kebijakan yang ada agar tidak melakukan kesalahan. Publisher atau penayang hanya menyediakan ruang iklan untuk menampilkan iklan-iklan dari Google AdSense dan menunggu hingga pengunjung situs blog melakukan klik pada iklan tersebut.

Karena banyaknya pengiklan di Google AdSense menjadikan persaingan pada lelang iklan menjadi ketat, sehingga hanya iklan dengan nilai tertinggilah yang dapat tampil pada situs Blog yang sobat punya.

Cara Kerja Google AdSense

Jika anda ingin menggunakan Google adSense, terlebih dahulu siapkan beberapa hal untuk membuat akun google adSense. Yang pertama, anda harus mempunyai blog atau situs dan tentunya anda menyediakan space iklan untuk google adSense. Setelah itu, google akan melakukan lelang. Iklan-iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense akan menyesuaikan dengan isi konten dari situs penayang.

Misalnya situs yang membuat konten mengenai teknologi internet, maka kebanyakan iklan yang muncul adalah mengenai web hosting, jual beli domain dan hal-hal yang berhubungan dengan internet. Namun google akan melakukan penagihan terhadap pengiklanan, tapi jangan khawatir karena bayaran anda sudah di atur oleh google. Untuk itu, saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara kerja google adSense tersebut.

Berikut adalah cara kerja Google AdSense, yaitu

1). Pemasang dan Penyedia Layanan Iklan : Ini menyediakan layanan iklan untuk dipasarkan dalam produk yang telah dimiliki. Selain itu, tidak sembarangan orang bisa beriklan di Google AdSense, hanya saja orang yang memiliki tools. Tools yang telah disediakan oleh google yaitu Google Adword dan disini anda diharuskan untuk memiliki akun Google Adword tersebut.

Kalau anda sudah memiliki akunnya, jangan khawatir anda tinggal mengajukan permohonan untuk memasang iklan dan bisa juga memanfaatkan fasilitas yang ada di Google Adword. Selain itu, anda bisa memilih jenis iklan yang akan dipilih dengan biaya yang sudah disepakatin oleh google.

2). Publisher : Yang membantu Google untuk mempromosikan iklan-iklan di advertiser yang telah terdaftar di google. Iklan akan dipromosikan melalui website atau blog mereka. Untuk menjadi publisher anda harus memiliki akun website atau blog. Jika anda berminat untuk menjadi seorang publisher, pertama anda harus mendaftar atau sudah memiliki akun website atau blog. Untuk menjadi publisher tidak dipungut biaya sama sekali.

3). Konsumen : Pengguna layanan internet yang tertarik dengan iklan yang telah dipasang dan mereka akan klik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi secara detail. Dengan demikian tujuan si pemasang iklan terkabulkan. Oh iya, tentunya si pemasang iklan akan dikenakan biaya dengan memasang iklan tersebut tapi tidak kepada publisher. Publisher akan mendapatkan keuntungan dari Google sesuai dengan biaya yang telah disesuaikan.

AdSense bekerja dengan mencocokkan iklan teks dan iklan bergambar dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka. Sistem pembayaran Google AdSense berdasarkan jumlah klik pada iklan yang muncul, biasanya nilai klik iklan dipengaruhi oleh jenis konten dan negara asal pengunjung situs sobat.

Cara agar diterima program Google AdSense

  • Mempunyai sebuah blog atau website dengan tampilan sederhana
  • Memiliki artikel orisinil / original berkualitas hasil buatan sendiri (tidak copy paste)
  • SEO on Page
  • SEO off Page

Tidak mengandung unsur pornografi, perjudian dan hal-hal negatif lainnya. Ketika masa review (setelah mendaftarkan blog Anda, akan ada waktu review oleh pihak Google atas blog Anda) terbitkan minimal 5 buah artikel, lebih banyak lebih baik.

Misalnya anda mempunyai konten mengenai bisnis ataupun keuangan nilai klik iklan akan lebih besar dari pada konten membuat tutorial desain grafis. Pengiklanan akan menawar tampilan dalam ruang iklan anda di pelelangan waktu nyata. Iklan yang dibayar paling tinggi akan ditampilkan di situ anda. Selain itu, mereka pun akan menangani proses penagihan senua pengiklanan dan jaringan untuk iklan di situs anda yaitu guna memastikan anda menerima bayaran tersebut.

Itulah penjelasan mengenai ulasan di atas, hal ini menjelasan mengenai konten periklanan. Bila anda ingin membuat sebuah iklan produk di google, anda harus mendaftar terlebih dahulu ke google AdSense, seperti yang sudah di jelaskan di atas. Nahh, anda bisa langsung melihat apa-apa saja persyaratan untuk mendaftar ke google tersebut. Mungkin sebelumnya anda belum pernah mendengar mengenai hal ini. Tapi setelah anda membaca artikel di atas, semoga anda terbantu dan dapat menambah wawasan anda.